STRUKTUR PASAR
Pengertian struktur pasar : merupakan penggolongan pasar
berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
Pasar persaingan sempurna
: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk
yang dijual bersifat homogen.
Pasar
persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
Pasar monopoli : Hanya terdapat
satu penjual yang menguasai pasar.
Pasar oligopoli : Pasar di mana penawaran satu jenis barang
dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua
tetapi kurang dari sepuluh.
Pasar duopoli : Memiliki
karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada
dua perusahaan.
Pasar persaingan
monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu
pembeli.
Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang
yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak
sebagai konsumen.
Pasar Persaingan Sempurna
Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakan pasar
persaingan sempurna yaitu :
1. Homogenitas Produk(Homogeneous
Product)
Semua perusahaan memproduksi barang/produk yang homogenitas.
Produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas)
kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
2. Pengetahuan Sempurna (Perfect
Knowledge)
Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi
yang sempurna. Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan
sempurna tentang harga produk dan input yang dijual sehingga konsumen tidak
akan mengelami perlakuan harga jual yang berbeda dari suatu perusahaan dengan
perusahaan lainnya.
3. Output Perusahaan
Relatif Kecil (Small RelativelOutput)
Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan dengan
output pasar. Jumlah output setiap perusahaan secara inividu dianggap relative
kecil dibandingkan dengan jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
4. Perusahaan Menerima
Harga Yang DitentukanPasar (Price Taker)
Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar dengan
menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar karena
perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
5. Keleluasaan Masuk –
Keluar Pasar (Free Entry and Exit)
Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar, hal ini
disebabkan oleh adanya faktor mobilitasnya tidak terbatas dan tak ada biaya
yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi.
Pasar Monopoli
Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein,
menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang
menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau
sering disebut sebagai "monopolis".
Pasar monopoli dapat dicirikan oleh beberapa hal
berikut ini, diantaranya:
· Tidak
mempunyai barang pengganti
Barang yang dihasilkan perusahaan monopoli tidak dapat
digantikan oleh barang lain yang ada di pasar. Atau dengan kata lain tidak
terdapat barang mirip (close substitute), contohnya adalah aliran listrik yang
berasal dari PLN tidak dapat digantikan dengan lampu minyak, karena listrik
bukan hanya digunakan untuk menghidupkan lampu saja tetapi juga untuk
menghidupkan televisi, setrika, radio dll
· Tidak
dapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri
Maksudnya karena sifatnya monopoli maka pesaing tidak dapat
masuk ke dalam pasar tersebut karena barang yang dihasilkan hanya dimiliki oleh
perusahaan tersebut saja dan selain itu biasanya dibatasi dengan undang –
undang dan bersifat legal.
· Dapat
mempengaruhi harga
Karena perusahaan monopoli merupakan satu – satunya penjual
di pasar maka penentuan harga dapat dikuasai sepenuhnya, dengan mengendalikan
ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat
menentukan harga pada tingkat yang dikehendaki.
· Promosi
iklan kurang diperlukan
Biasanya perusahaan monopoli tidak perlu mempromosikan
barangnya dengan iklan karena pembeli akan membeli barang kepada perusahaan
tersebut karena tidak ada pilihan.
Faktor – faktor yang menimbulkan monopoli :
1. Perusahaan monopoli
pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang
sangat tinggi
2. Perusahaan monopoli
mempunyai suatu sumber daya yang dapat dikatan unik dan tifak dimiliki
perusahaan lain.
3. Monopoli wujud dan
berkembang melalui undang – undang, yaitu pemerintahan member hak monopoli
kepada perusahaan tersebut.
Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana
terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas,
namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang
membedakannya dengan produk lainnya. Contohnya adalah : shampoo, pasta gigi,
dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni untuk membersihkan rambut, tetapi
setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus,
misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.
Pasar Monopolistik memiliki ciri-ciri yang melekat, yaitu :
1. Terdapat banyak produsen atau penjual. Meskipun demikian, pasar ini tidak
memiliki produsen atau penjual sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada
satu pun produsen yang mempunyai skala produksi yang lebih besar dari produsen
lainnya.
2. Adanya Diferensiasi Produk. Pasar ini menawarkan produk yang cenderung sama,
namun memiliki perbedaan-perbedaan khusus dengan produk lainnya, misalnya dari
cara pengemasan, pelayanan yang diberikan dan cara pembayaran.
3. Produsen Dapat mempengaruhi harga. Berbeda dengan Pasar Persaingan Sempurna,
dimana harga terbentuk berdasarkan mekanisme pasar, maka pasar monopolistik
dapat mempengaruhi harga meskipun tidak sebesar pasar oligopoli dan monopoli.
4. Produsen dapat keluar masuk pasar. Hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis,
saat produsen hanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya cukup tinggi. Ketika
produsen semakin banyak dan laba ekonomis semakin kecil, maka pasar menjadi
tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar.
5. Promosi penjualan harus aktif. Pada pasar ini harga bukan merupakan
pendongkrak jumlah konsumen, melainkan kemampuan perusahaan menciptakan citra
baik dimata konsumen, sehingga dapat menimbulkan fanatisme terhadap produk.
Karenanya, iklan dan promosi memiliki peran penting dalam merebut dan
mempertahankan konsumen.
Pasar Oligopoli
Istilah
Oligopoli berasal dari bahasa Yunani, yaitu: Oligos Polein
yang berarti: yang menjual sedikit atau beberapa penjual. Beberapa
penjual dalam konteks ini, maksudnya di mana penawaran satu jenis barang di
kuasai oleh beberapa perusahaan, beberapa dapat berarti paling sedikit 2 dan
paling banyak 10 atau 15 perusahaan. Pasar Oligopoli merupakan salah satu jenis
dari pasar persaingan tidak sempurna. Dimana pasar Oligopoli merupakan pasar
yang hanya terdapat beberapa perusahaan atau penjual yang memproduksi barang
sejenis
Ciri – Ciri Pasar Oligopoly
a. Pasar oligopoly hanya
terdiri atas sekelompok kecil perusahaan. Dalam pasar oligopoly terdapat
beberapa perusahaan raksasa yang menguasai penjualan dan di samping itu pula
terdapat beberapa perusahaan kecil. Para perusahaan raksasa tersebut saling memengaruhi
satu sama lain. Sifat ini menyebabkan setiap perusaan harus mengambil keputusan
dengan hati-hati dalam mengubah harga, bentuk barang, corak produksi dan
sebagainya. Sifat saling memengaruhi (mutual interpendence) ini merupakan sifat
khusus dari pasar oligopoli.
b. Barang yang diproduksi adalah
barang yang standar atau barang yang berbeda corak atau bisa
bersifat homogen, dan bisa juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu.
Barang yang diproduksi pada pasar ini ada kalanya merupakan barang yang standar
misalnya pada industry penghasil barang mentah (baja dan aluminium) dan
industry bahan baku (semen dan bahan bangunan). Selain itu pada pasar oligopoly
juga memproduksi barang yang berbeda corak. Barang yang diproduksi adalah
barang akhir seperti industry mobil, industry rokok, industry pesawat terbang,
dan lain-lain.
c. Terdapat banyak pembeli di pasar
Seperti pasar persaingan sempurna, jumlah pembeli di pasar
oligopoli sangat banyak.
d. Hanya ada beberapa perusahaan(penjual)
yang menguasai pasar.
Umumnya adalah penjual-penjual (perusahaan) besar yang
memiliki modal besar saja (konglomerasi). Karena ada ketergantungan dalam
perusahaan tersebut untuk saling menunjang. Contoh: bakrie group memiliki
pertambangan, property, dan perusahaan telefon seluler (esia)
e. Adanya hambatan bagi pesaing baru.
Perusahaan yang telah lama dan memiliki pangsa pasar besar
akan memainkan peranan untuk menghambat perusahaan yang baru masuk ke dalam
pasar oligopoly tersebut.
f. Adanya saling ketergantungan antar perusahaan
(produsen).
h. Advertensi (periklanan) sangat penting dan
intensif.
Untuk menciptakan brand image,
menarik market share dan mencegah pesaing baru. Dalam pasar ini peran iklan
sangat membantu peusahaan dagang karena iklan dapat dengan mudah diterima oleh
masyarakat atau calon pembeli, oleh karena itu iklan terbukti ampuh dalam
menarik perhatian calon pembeli yang ingin memilih barang-barang , dengan mudah
perusahaan membuat iklan tentang produknya dengan keunggulan -keunggulan
produknya dibanding produk perusahaan lain atau perusahaan pesaing.
i. Sulit Dimasuki Perusahaan Baru
Dalam pasar oligopoli ini mengapa dikatakan sulit dimasuki
oleh perusahaan baru, karena image dari perusahaan yang sudah lama terbangun
lebih kuat dengan pembeli di banding perusahaan yang baru muncul yang
menawarkan barang yang sama namun pembeli atau konsumen tidak tau kualitas dari
barang-barang yang dijual perusahaan baru tersebut.
j. Harga Jual Tidak Mudah Berubah
Dalam pasar oligopoli ini harga yang keluar tidak
cepat naik atau turun, bisa dikatakan harga selalu stabil dan tidak mudah
berubah, mungkin saja karena penjualan yang stabil terhadap suatu produk yang
diluncurkan oleh suatu perusahaan sudah cukup menghasilkan keuntungan, namun
apa bila tiba-tiba harga naik otomatis pembeli akan berfikir kembali untuk
membeli produk ini dan bisa jadi pembeli beralih pada produk perusahaan lainya
yang menjual varian yang sama namu harga lebih murah dengan kualitas yang
hampir sama.
Sumber dari :
0 komentar:
Posting Komentar