BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia merupakan Negara kepulauan
yang kaya akan budaya dan tradisi masyarakat, salah satunya adalah kota Purwokerto
yang terletak di provinsi Jawa tengah Kota Purwokerto. Purwokerto merupakan
kota administratif dari Kabupaten Banyumas. Terletak di Selatan Gunung
Slamet, dan berbatasan dengan kabupaten Tegal dan kabupaten Pemalang di sebelah
Utara. Di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, Sebelah barat
berbatasan dengan Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes, dan Sebelah Timur
berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga. Beriklim panas, namun terdapat tempat
di kaki Gunung Slamet yaitu Baturraden, yang beriklim sejuk.
Mottonya “Purwokerto kota Satria”. Satria
sendiri merupakan kependekan dari Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, dan
Aman. Memang benar, kota Purwokerto ini bersih. Makanya, beberapa kali juga
menyandang gelar kota Adipura
Kota
yang biasa disebut kota satria ini memiliki banyak sekali kesenian daerah,
makanan tradisional, kepercayaan masyarakat serta objek wisata yang menjadikan
kota ini menarik dan sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kota. Banyak
sekali potensi yang dapat dikembangan dari Kota Purwokwerto maka dari itu
penulis membuat suatu aplikasi yang memudahkan pengguna mengenal lebih jauh
lagi tentang Kota Purwokerto baik itu tradisi kota, lokasi kuliner, hotel atau tempat
penginapan dan masih banyak lagi kegunaan yang dapat dinikmati dari aplikasi
yang penulis rancang, aplikasi tersebut bernama ‘Aplikasi Informasi Wisata Kota
Purwokerto Berbasis Android ’.
Sebagai
teknologi yang tidak membatasi mobilitas penggunanya. Maka munculah sebuah ide
untuk membuat suatu aplikasi berbasis Android yang dapat membantu masyarakat
khususnya para pengguna smartphone . Informasi di Indonesia khususnya tentang
Kota Purwokerto selama ini hanya dilihat di website pribadi, kini dengan
mudahnya informasi tersebut dapat ditemukan melalui suatu aplikasi yang
terdapat pada penggunaan smartphone. Untuk itu, penulis mencoba membuat
aplikasi mengenai informasi Tempat Wisata, Kuliner, Tradisi, dan Hotel di Kota Purwokerto.
Aplikasi ini diharapakan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengakses
informasi mengenai hal-hal tersebut.
Dengan menggunakan aplikasi mobile
berbasis Android ini, pengguna dapat terbantu untuk menemukan tempat wisata
yang ada di Kota Purwokerto dengan memanfaatkan Global Possitioning System
(GPS) dan internet.
1.2 Batasan Masalah
Pada
Penulisan Ilmiah kali ini, penulis memberikan batasan masalah yaitu pembuatan
aplikasi informasi wisata dan yang berhubungan dengan Kota Purwokerto, seperti
tempat wisata, kuliner, tradisi, dan hotel di Kota Purwokerto dan juga terdapat
petunujuk arah untuk mencapai ke tempat yang diinginkan para pengguna.
1.3
Tujuan Penulisan
Tujuan
dari penulisan ini adalah membuat suatu aplikasi mengenai informasi wisata yang
ada di Indonesia khusunya Kota Purwokerto berbasis Android, sehingga pengguna
diharapkan dapat dengan mudah untuk mencari
informasi tentang wisata yang ada di Kota Purwokerto, baik berupa lokasi wisata
tersebut. Aplikasi ini terkoneksi dengan Global Possitioning System (GPS) yang
dapat menuntun pengguna untuk menemukan informasi tempat yang diinginkan atau
dapat juga sebagai pemandu pengguna aplikasi ini saat berada di suatu wilayah
khususnya Kota Purwokerto.
1.4
Metode Penelitian
Penelitian dilakukan beberapa tahap,
diantaranya pengumpulan data melalui studi pustaka terhadap berbagai sumber,
baik berupa buku mengenai pemrograman berbasis
Android, maupun artikel, tutorial, dan dokumentasi dari internet tentang materi
tersebut. Tahapan selanjutnya adalah pembuatan aplikasi menggunakan editor
Eclipes Adt-Bundle Windows 32bit sebagai alat bantu membuat syntax program.
Pada tahap implementasi dan ujicoba, dilakukan pada komputer dengan menggunakan
smartphone dan di uji cobakan langsung kepada pengguna atau user.
1.5 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam Penulisan Karya
Ilmiah ini, penulis membaginya menjadi 5 bab, yaitu: Pendahuluan, Landasan
Teori, Sejarah Mengenai Kota Purwokerto, Perancangan dan Pembuatan Program, dan
Kesimpulan.
Bab
Pendahuluan berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan
penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan .
Bab
Landasan Teori berisi penjelasan tentang teori-teori yang mendukung atau
berhubungan dengan Penulisan Karya Ilmiah. Komponen yang digunakan dalam
aplikasi dan bagaimana untuk mengembangkan program aplikasi pada sebuah smartphone.
Bab
membahas sejarah Kota Purwokerto, seperti sejarah kota, arti lambang kota,
penjelasan tentang kuliner kota, dan grafik yang menunjukkan banyaknya wisatawan
yang berkunjung ke kota tersebut.
Bab
Perancangan dan Pembuatan Program ini menerangkan tentang bagaimana rancangan
dan pembuatan dari aplikasi yang akan dibuat, serta penjelasan mengenai
bagian-bagian dari program yang akan dibuat.
Bab
Kesimpulan ini berisi tentang kesimpulan
dan saran yang diperoleh dari pembahasan dalam penulisan ini untuk
penyempurnaan dan pengembangan selanjutnya.
2.
Pengertian Android
Menurut
Nasruddin Safaat h. (Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet PC
berbasis android 2012:1) android adalah sebuah sistem operasi pada handphone
yang bersifat terbuka dan berbasis pada sistem operasi Linux. Android bisa
digunakan oleh setiap orang yang ingin menggunakannya pada perangkat mereka.
Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan
aplikasi mereka sendiri yang akan digunakan untuk bermacam peranti bergerak.
Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti
lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open
Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan sMotorola, Qualcomm, T-Mobile,
dan Nvidia. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android
bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka
pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di
bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka
perangkat seluler.
2.2.1
Kelebihan Android
a)
Multitasking – Kalau anda pernah
merasakan keunggulan dari Symbian yang bisa membuka beberapa aplikasi
sekaligus, begitu juga Android yang mampu membuka beberapa aplikasi sekaligus
tanpa harus menutup salah satunya.
b)
Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada
SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada
notifikasi di Home Screen Smartphone Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator
yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun
Misscall sekalipun.
c)
Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi
Android lewat Google Android App Market – Kalau Anda gemar install aplikasi
ataupun games, lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai
aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk
Anda download di ponsel Android.
d)
Pilihan Ponsel yang beranekaragam – Bicara ponsel Android, akan terasa beda
dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka
Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson,
Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan
ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya,
Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel
Android sesuai dengan merek favorite.
e)
Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi –
tak puas dengan tampilan standar Android, jangan khawatir ada banyak Costum ROM
yang bisa Anda pakai di ponsel Android.
f)
Widget – benar sekali, dengan adanya Widget
di homescreen, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat
dan mudah.
g)
Google Maniak – Kelebihan Android
lainnya jika Anda pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google
Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga Anda
bisa dengan cepat mengecek email dari Gmail.
2.2.2
Kelemahan Android
a)
Koneksi Internet yang terus menerus, kebanyakan ponsel berbasis system ini
memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif.Koneksi
internet GPRS selalu aktif setiap waktu, itu artinya Anda harus siap
berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan.
b)
Iklan – Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan
gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut akan selalu Iklan yang
terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi.
2.3
Pengertian Java
Menurut
Budi Raharjo , Imam Heryanto, Arif haryono (Mudah Belajar Java 2010) java adalah
bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon
genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di
Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.
Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun
dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin
aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis Java umumnya dikompilasi ke
dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM).
Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general
purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi
seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi Java mampu
berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, Java dikenal pula
dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini Java
merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas
dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun
aplikasi berbasis web.
2.3.1
Kelebihan Java :
1.
Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform
/ sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana
saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan
dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin /
bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa
perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis Java dikerjakan
diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft
Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux,
Mac OS dan Sun Solaris. Penyebabnya adalah setiap sistem operasi menggunakan
programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk
meninterpretasikan bytecode tersebut.
2.
OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek)
3.
Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan
library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam
pemrograman Java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram
untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan
keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat
perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan
aplikasi.
4.
Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik
banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat
banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++
yang pindah ke Java.
Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan
mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh
murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
5. Pengumpulan sampah otomatis, memiliki
fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu
melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang
dipakai secara luas).
2.3.2 Kekurangan Java :
1.
Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak
kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT
bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
2. Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah
proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena
kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat
tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga
terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan
program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
3. Penggunaan memori yang banyak.
Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa
tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik
lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi
pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin
murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan
mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
0 komentar:
Posting Komentar