TELEMATIKA
Layanan
Telematika
Layanan Telematika
merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang
didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri
merupakan salah satu contoh telematika.
Dari berbagai sumber yang
saya baca jenis-jenis layanan telematika itu dibagi menjadi:
1.Layanan Telematika di
Bidang Informasi
2.Layanan Telematika di bidang Keamanan
3.Layanan Context Aware dan Event-Based
4.Layanan Perbaikan Sumber
1. Layanan
Telematika di Bidang Informasi
Penggunaan telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk
meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan
kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu,
teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan
politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
Wartel dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat. Warung
Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas
jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun di desa,
bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di
tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong
pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas
pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra - sentra pelayanan
masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi
usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk
balai - balai informasi. Untuk melayani lokasi - lokasi yang tidak terjangkau
oleh masyarakat.
Pada layanan ini telematika menggabungkan system komunikasi dengan kendaraan
bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.
Contohnya :
Navigation assistant (real-time traffic information)
Weather, stock information
Entertainment and M-Commerce
2. Layanan
Telematika di bidang Keamanan
Layanan telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan
fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang
berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan
kejahatan.
Contohnya :
Emergency rescue with 911
Car location tracing (thief-proof)
3. Layanan Context Aware dan Event-Based
Dalam ilmu komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan
dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan
aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang
diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness.
Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai
konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan
penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan
parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain
lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan
terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan
rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung
menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh
panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini, konteks location
awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari context-awareness
menjadi pembahasan utama di bidang penelitian ilmu komputer.
Contohnya :
Vehicle Diagnostic Service
Car Insurance based on driving statistic
4. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber
daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Contohnya :
Yellow pages service
Kesimpulan :
Telematika merupakan salah
satu dial up untuk ke semua jaringan yang berfungsi mengirimkan data. Dan telematika
ini di bagi menjadim 4 jenis.
Sumber : http://aangpaduraksa.blogspot.com/2013/12/jenis-jenis-layanan-telematika.html
0 komentar:
Posting Komentar